Mahasiswa ilmu
komunikasi mungkin sudah tidak asing dengan istilah mass communication. Yap,
mass communication merupakan salah satu mata kuliah ilmu komunikasi. Secara
bahasa mass communication yang dimaksud disini mempunyai makna komunikasi
massa. Namun terkadang para mahasiswa ilmu komunikasi kurang jeli dalam memahami
istilah tersebut. Ada dua istilah yang jika dilihat secara sekilas memang
terlihat sama namun sebenarnya mempunyai arti yang berbeda.
Dalam beberapa
literatur sering dijumpai istilah mass communications (pakai s) dan juga
istilah mass communication (tanpa s) yang akan menjadi pokok pembahasan kali
ini. Arti mass communications (pakai s) sama dengan mass media atau dalam
bahasa Indonesia berarti media massa. Sedangkan yang dimaksud dengan mass
communication (tanpa s) merupakan prosesnya, yakni proses komunikasi melalui
media massa. Baca juga: Pengertian Ilmu Komunikasi
Mass Communications (pakai s) berarti komunikasi massa atau media massaMass Communication (tanpa s) berarti proses komunikasi massa
Media massa dalam
cakupan pengertian komunikasi massa itu adalah surat kabar, majalah, radio,
televisi, atau film.jadi, media massa modern merupakan produk teknologi modern
yang selalu berkembang menuju kesempurnaan. Everett M. Rogers juga pernah
mengatakan bahwa selain media massa modern terdapat media massa tradisional,
diantaranya teater rakyat, juru dongeng keliling, dan juru pantun. Bila Rogers
mengatakan bahwa teater rakyat merupakan media massa tradisional, barangkali
masih bisa diterima. Akan tetapi, jika ia mengatakan bahwa juru dongeng
keliling dan juru pantun juga media massa tradisional, sungguh membingungkan. Bagi
para ahli komunikasi umumnya, juru dongeng dan juru pantun adalah jelas
komunikator, dan medianya (dalam hal ini merupakan media primer) adalah bahasa.
Kemudian para pakar psikologi
sosial juga mempunyai definisi tersendiri mengenai komunikasi massa (mass
communication) yang menyatakan bahwa komunikasi massa tidak selalu dengan
menggunakan media massa. Menurut mereka
pidato di hadapan sejumlah orang banyak di sebuah lapangan, misalnya, asal
menunjukkan perilaku massa (mass behavior), itu dapat dikatakan komunikasi
massa. Semula mereka yang berkumpul di lapangan itu adalah kerumunan biasa (crowd)
yang satu sama lain tidak saling mengenal, kemudian karena sama-sama terikat
oleh pidato sang orator, mereka sama-sama terikat oleh perhatian yang sama,
lalu menjadi massa. Oleh karena itu komunikasi yang dilakukan oleh si orator
secara tatap muka seperti itu adalah juga komunikasi massa. Baca juga: Proses Konstruksi Sosial Media Massa Atas Realita Sosial
Artikel Terkait:
* Komunikasi Massa
* Media Massa
* Ilmu Komunikasi
* Teori Ilmu Komunikasi
* Mata Kuliah Ilmu
Komunikasi
* Teori Semiotika
* Makalah Ilmu
Komunikasi
* Materi Ilmu
Komunikasi
* Makalah Kuliah
Komunikasi
* Event Organizer
* Mata Kuliah Event
Organizer
* Teori Semantik
* Metode Penelitian
Komunikasi
* Jurnalisme
Kontemporer
* Media
Massa
* Mata Kuliah
Jurnalisme
* Mata Kuliah Reportase
* Ilmu Advertising
* Dasar Jurnalisme
wahh lengkap bgt penjelasannya, jadi ngerti. makasih ya
ReplyDeletemakasih banyak gann,bermanfaat banget nihh.__.
ReplyDeleteane juga lagi belajar tentang massa di sekolah
Lengkap gan penjelasannya
ReplyDeleteMakasih materinya semoga dapat bermanfaat bagi banyak orang :)
ReplyDeletegood
ReplyDeletemantap
ReplyDeletePenjelasan artikelnya enak dibaca dan materi yang diberikan cukup bagus.
ReplyDeleteDulu ane juga pernah terjun langsung di Event Organizer jadi Public Relation, kurang lebihnya sama kok