1.
Pemasaran
Menurut
WY. Stanton
Pemasaran
adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan
untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan
mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual
maupun potensial.
Menurut
H. Nystrom
Pemasaran
merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke
tangan konsumen.
Menurut
Philip dan Duncan
Pemasaran
yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk
menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.
Menurut
Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association
Pemasaran
adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang
dan jasa dari produsen ke konsumen.
2.
Publisitas
Menurut
Lawrence & Dennis L. Wilcox (pakar humas dari San Jose State University).
Publisitas
adalah informasi yang tidak perlu membayar ruang-ruang
pemberitaannya/penyiarannya namun disaat yang sama tidak dapat dikontrol oleh
individu/perusahaan yang memberikan informasi, sebagai akibatnya informasi
dapat mengakibatkan terbentuknya citra dan mempengaruhi orang banyak dan dapat
berakibat aksi-dimana aksi ini dapat menguntungkan atau merugikan saat
informasi dipublikasikan.
Menurut
Lesly (1992:6).
Publisitas
adalah penyebaran pesan yang direncanakan dan dilakukan untuk mencapai tujuan
lewat media tertentu untuk kepentingan tertentu dari organisasi dan perorangan
tanpa pembayaran tertentu pada media
Menurut
David F. Rahmacitti (1990;5).
Publisitas
adalah berita yang ditulis oleh media massa yang mencakup pemberitahuan tentang
suatu produk, layanan-layanan, acara-acara, posisi, pekerja, kontribusi,
sejarah, atau tujuan dari suatu bisnis, agensi atau kelompok.
Menurut
Newsom, Truk, Kruckeberg (2004;215).
Publisitas
adalah berta-berita tentang seseorang, produk atau pelayanan yang muncul pada
suatu ruang atau waktu yang media sediakan dalam bentuk berita, feature, atau
kontek editorial atau program dalam dunia broadcast.
Menurut
Swastha (1999).
Publisitas
adalah "Sejumlah informasi tentang sasaran, barang, atau organisasi yang
disebarluaskan ke masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya atau tanpa
pengawas dari sponsor". Publisitas merupakan pelengkap yang efektif bagi
alat promosi yang lain seperti periklanan, personal selling, dan promosi
penjualan. Biasanya, media bersedia mempublisitas suatu cerita apabila
materinya dirasakan cukup menarik atau patut dijadikan berita.
Baca juga: Peranan Humas
Baca juga: Peranan Humas
Menurut
American Marketing Assosiation
"Publicity:
non personal stimulation for a product, service or business unit by
commercially significant news about it in a medium or obtaining favourable
presentation radio, television or stage that is not paid the sponsor".
Publisitas
adalah merupakan dorongan yang sifatnya tidak perorangan terhadap permintaan
akan suatu produk, jasa ataupun satuan usaha dengan jalan memuat berita-berita
yang sifatnya komersil di dalam media yang dipublikasikan atau penyajiannya
secara tepat melalui televisi, radio, atau bioskop-bioskop dan kesemuanya ini
tidak dibayar oleh sponsor.
Berdasarkan
pendapat-pendapat tersebut diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa
publisitas merupakan keterangan tentang suatu produk tertentu yang disebutkan
dalam bentuk berita, hal mana merupakan keuntungan karena dalam pelaksanaannya
tidak dibayar oleh sponsor, dengan demikian publisitas mempunyai potensi untuk
mendorong penjualan.
3.
Iklan
Iklan merupakan bentuk penyajian yang dilakukan oleh komunikator
secara non personal melalui media untuk ditujukan pada komunikan dengan cara membayar.
4.
Promosi
Menurut
Djaslim saladin (2003 : 123)
Promosi
adalah “suatu komunikasi informasi penjual dan pembeli yang bertujuan untuk
merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi
mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut”.
Menurut
Buchari Alma (1992:153)
Promosi adalah “ kegiatan untuk menyampaikan
informasi, berkomunikasi, dan menyakinkan masyarakat terhadap sesuatu”.
Baca juga: Pengetian Teknik Trianggulasi
Baca juga: Pengetian Teknik Trianggulasi
Dari
kedua pengertian promosi di atas dapat diartikan bahwa promosi merupakan
komunikasi informasi antara penjual dan pembeli yang bertujuan untuk
menyampaikan informasi, berkomunikasi, dan menyakinkan masyarakat terhadap
sesuatu barang.Promosi merupakansalah satu aspek yang penting dalam manajemen
pemasaran dan sering dikatakan sebagai “proses berlanjut”.
Ilmu
Komunikasi | Teori Ilmu Komunikasi | Mata Kuliah Ilmu Komunikasi | Teori
Semiotika | Makalah Ilmu Komunikasi | Materi Ilmu Komunikasi | Makalah Kuliah |
Event Organizer | Mata Kuliah Event Organizer | Teori Semantik | Metode
Penelitian Komunikasi | Jurnalisme Kontenporer | Media Massa | Mata Kuliah
Jurnalisme | Mata Kuliah Reportase | Materi Ilmu Komunikasi | Ilmu Advertising
| Dasar Jurnalisme | Ilmu Public Relation | Materi Public Relation | Ilmu Humas
ohh jdi beda ya , thx gan ini bermanfaat bgt buat blogger
ReplyDeletemkasih ilmunya,bang,..boleh minta tipsnya bwt main Im g bang? by dedi mekanikmitsubishi
ReplyDeleteLM apa ya gan mksudnya?
Deleteoh jadi seperti itu perbedaan dan penjelasannya, sekarang saya lebih paham. Thank you
ReplyDeletememang pemasaran dan pengiklanan harus bersatu padu untuk mencapai keinginan kesuksesan gan... bila kita cerdas dan pandai mengatur strategi. insyaallah pasti usaha kita berhasil , ilmu bermanfaat sekali gan!
ReplyDeletehsindo.blogspot.com
terima kasih gan
Deleteilmu ku nambaah yeaaxD
ReplyDeletesanat bermanfaat nih mas.... mudah-mudahan bermanfaat buat saya nih.. terima kasih infonya
ReplyDeleteamiiiinn
Deletemakasih kunjungannya gan
Mantap Infonya, Sangat Bermanfaat.
ReplyDeleteJadi bisa bedain nya nih :D thx info nya
ReplyDeletemakasih bang
ReplyDeleteinfo yang bermanfaat gan
ReplyDeleteNice gan sangat bermanfaat
ReplyDeletesiph, gan memeang semua itu mempunyai tujuan yang sma :D
ReplyDeleteDan smua definisi d atas smuanya sling terhubung dan menciptakan konsumen yang sangat menguntungkan buat perusahAan atau
ReplyDeleteterntata beda ya bro , baru tau. Thanks artikelnya
ReplyDeletesebagai penimba ilmu IM penting ni informasinya,mksh dah bagi.2 pnglamn...
ReplyDeleteby dedi mekanikmitsubishi
Nice artikel
ReplyDeletemakasih infonya gan, sekarang jadi paham nih :D
ReplyDeletenice inpoh ganss :D
ReplyDeletewahhh kerennnn minnn krenn jadi tauu dan vaham nch :)
ReplyDeletenice artikel minn
by sobat blogger
akhirnya nemu juga prbedaan perbedaan pemasaran, publisitas, dan iklan.
ReplyDeletethank gan
baru tau bro saya hehe.
ReplyDeleteLengkap banget artikel agan, bahasanya juga bagus. Thanks gan
ReplyDeletelengkapa bagus dan cocok buat ngumpul tugas besok ini yang di cari :D
ReplyDeletelengkap sekali. Akhirnya saya paham perbedaan antara periklanan dan publisitas.
ReplyDeleteterima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat gais
Delete