Pengertian Ilmu Komunikasi

Istilah komunikasi dalam bahasa Inggris communication yang sebenarnya berasal dari bahasa Latin communicatio, dan bersumber dari kata communis yang mempunyai arti “sama”, disini yang dimaksud “sama” adalah sama makna.
Komunikasi sangat penting dalam kehidupan sosial, budaya, pendidikan, dan politik sudah didasari oleh para cendikiawan sejak Aristoteles yang hidup ratusan tahun sebelum masehi. Namun studi Aristoteles hanya berkisar dalam ruang lingkup retorika saja. Kemudian pada pertengahan abad ke-20 ketika dunia dirasakan semakin kecil akibat revolusi industri dan revolusi teknologi elektronik, setelah ditemukan kapal api, pesawat terbang, listrik, telepon, surat kabar, film, radio, televisi, dan sebagainya. Maka para cendikiawan pada abad sekarang menyadari pentingnya komunikasi ditingkatkan dari pengetahuan menjadi sebuah ilmu. Baca juga: Prospek kerja ilmu komunikasi
Menurut Carl I. Hovland, ilmu komunikasi adalah upaya yang sisteatis untuk merumuskan secara tegas asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan pendapat dan sikap.
Definisi Hovland diatas menunjukkan bahwa yang dijadikan objek studi ilmu komunikasi bukan saja penyampaian informasi, melainkan juga pembentukan pendapat umum (public opinion) dan sikap publik (public attitude) yang dalam kehidupan sosial dan kehidupan politik memainkan peranan yang sangat penting. Bahkan dalam definisinya secara khusus mengenai pengertian komunikasinya sendiri, Hovland mengatakan bahwa komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain (communication is the process to modify the behavior of other individuals).
Sebenarnya untuk memahami pengertian komunikasi sehingga dapat dilancarkan secara efektif, para peminat komunikasi sering mengutip paradigma yang dikemukakan Harold Lasswell dalam karyanya, The Structure and Function of Communication in Society. Lasswell mengatakan bahwa cara yang baik untuk menjelaskan komunikasi ialah menjawab pertanyaan sebagai berikut:
Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect?
Paradigma Lasswell diatas menunjukkan bahwa komunikasi meliputi lima unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan, yakni:
  • Komunikator (communicator, source, sender)
  • Pesan (Message)
  • Media (channel, media)
  • Komunikan (communicator, communicatee, receiver, recipient)
  • Efek (effect, impact, influence)

Model Komunikasi Lasswell (www.biografiku.com)
Berdasarkan paradigma Lasswell tersebut, komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh kounikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu. Baca juga: Pengertian public relation
Menurut paradigma Lasswell tersebut studi tentang komunikasi dibagi menjadi beberapa poin, yakni:
  1. Control analysis adalah studi mengenai komunikator
  2. Media analysis adalah penelitian mengenai pers, radio, televisi, film, dan media lainnya
  3. Content analysis adalah penyelidikan mengenai pesan dinamai
  4. Audience analysis adalah studi khusus tentang komunikan
  5. Effect analysis adalah penelitian mengenai efek atau dampak yang ditimbulkan oleh komunikasi 

Artikel Terkait:
 * Ilmu Komunikasi
 * Teori Ilmu Komunikasi
 * Mata Kuliah Ilmu Komunikasi
 * Teori Semiotika
 * Makalah Ilmu Komunikasi
 * Materi Ilmu Komunikasi
 * Makalah Kuliah Komunikasi
 * Event Organizer
 * Mata Kuliah Event Organizer
 * Teori Semantik
 * Metode Penelitian Komunikasi
 * Jurnalisme Kontemporer
 * Media Massa
 * Mata Kuliah Jurnalisme
 * Mata Kuliah Reportase
 * Ilmu Advertising
 * Dasar Jurnalisme

Related Posts:

5 Responses to "Pengertian Ilmu Komunikasi"

  1. artikel bagus buat ngerjain pr nih, nice info gan :)

    ReplyDelete
  2. akhirnya ketemu juga nih artikel thanks gan..

    ReplyDelete
  3. cucokk.. lengkap bgt thanks gan..

    ReplyDelete