Istilah
komunikasi dalam bahasa Inggris communication
yang sebenarnya berasal dari bahasa Latin communicatio,
dan bersumber dari kata communis yang
mempunyai arti “sama”, disini yang dimaksud “sama” adalah sama makna.
Komunikasi
sangat penting dalam kehidupan sosial, budaya, pendidikan, dan politik sudah
didasari oleh para cendikiawan sejak Aristoteles yang hidup ratusan tahun
sebelum masehi. Namun studi Aristoteles hanya berkisar dalam ruang lingkup
retorika saja. Kemudian pada pertengahan abad ke-20 ketika dunia dirasakan
semakin kecil akibat revolusi industri dan revolusi teknologi elektronik,
setelah ditemukan kapal api, pesawat terbang, listrik, telepon, surat kabar,
film, radio, televisi, dan sebagainya. Maka para cendikiawan pada abad sekarang
menyadari pentingnya komunikasi ditingkatkan dari pengetahuan menjadi sebuah
ilmu. Baca juga: Prospek kerja ilmu komunikasi
Menurut
Carl I. Hovland, ilmu komunikasi adalah upaya yang sisteatis untuk merumuskan
secara tegas asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan pendapat dan
sikap.
Definisi
Hovland diatas menunjukkan bahwa yang dijadikan objek studi ilmu komunikasi
bukan saja penyampaian informasi, melainkan juga pembentukan pendapat umum
(public opinion) dan sikap publik (public attitude) yang dalam kehidupan sosial
dan kehidupan politik memainkan peranan yang sangat penting. Bahkan dalam
definisinya secara khusus mengenai pengertian komunikasinya sendiri, Hovland
mengatakan bahwa komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain (communication is the process to modify the
behavior of other individuals).
Sebenarnya
untuk memahami pengertian komunikasi sehingga dapat dilancarkan secara efektif,
para peminat komunikasi sering mengutip paradigma yang dikemukakan Harold
Lasswell dalam karyanya, The Structure
and Function of Communication in Society. Lasswell mengatakan bahwa cara
yang baik untuk menjelaskan komunikasi ialah menjawab pertanyaan sebagai
berikut:
Who Says What In Which Channel To
Whom With What Effect?
Paradigma
Lasswell diatas menunjukkan bahwa komunikasi meliputi lima unsur sebagai
jawaban dari pertanyaan yang diajukan, yakni:
- Komunikator (communicator, source, sender)
- Pesan (Message)
- Media (channel, media)
- Komunikan (communicator, communicatee, receiver, recipient)
- Efek (effect, impact, influence)
Model Komunikasi Lasswell (www.biografiku.com) |
Berdasarkan
paradigma Lasswell tersebut, komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh
kounikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu. Baca juga: Pengertian public relation
Menurut
paradigma Lasswell tersebut studi tentang komunikasi dibagi menjadi beberapa
poin, yakni:
- Control analysis adalah studi mengenai komunikator
- Media analysis adalah penelitian mengenai pers, radio, televisi, film, dan media lainnya
- Content analysis adalah penyelidikan mengenai pesan dinamai
- Audience analysis adalah studi khusus tentang komunikan
- Effect analysis adalah penelitian mengenai efek atau dampak yang ditimbulkan oleh komunikasi
Artikel
Terkait:
*
Ilmu Komunikasi
*
Teori Ilmu Komunikasi
*
Mata Kuliah Ilmu Komunikasi
*
Teori Semiotika
*
Makalah Ilmu Komunikasi
*
Materi Ilmu Komunikasi
*
Makalah Kuliah Komunikasi
*
Event Organizer
*
Mata Kuliah Event Organizer
*
Teori Semantik
*
Metode Penelitian Komunikasi
*
Jurnalisme Kontemporer
*
Media Massa
*
Mata Kuliah Jurnalisme
*
Mata Kuliah Reportase
*
Ilmu Advertising
*
Dasar Jurnalisme
ohh itu tuh definisi lgkpnya
ReplyDeletenicee gan (Y)
ReplyDeleteartikel bagus buat ngerjain pr nih, nice info gan :)
ReplyDeleteakhirnya ketemu juga nih artikel thanks gan..
ReplyDeletecucokk.. lengkap bgt thanks gan..
ReplyDelete