Media TV dalam berbagai macam bentuknya,
tidaklah bebas nilai ( value free), keberadaan sebuah TV tak terlepas membawa
nilai yang diusung. Nilai yang dibawa oleh setiap televisi bergantung pada
idealisme yang ada pada korporasi atau institusi masing-masing televisi
tersebut, itu pun bergantung dari jenis televisinya baik terrestrial, public,
komunitas, setelite, kabel, dan lain-lain. Dan nilai idealisme itu sendiri
direalisasikan dalam visi, misi, dan tujuan dari televisi tersebut. Manifestasi
dari nilai, idealisme, visi, misi, tujuan, dan branding sebuah televisi akan
tercermin pada karakter, format, dan content program-programnya yang
ditayangkan. Baca juga: Tahap pembuatan talkshow
Contoh produksi program acara televisi |
Problem realitasnya adalah tayangan
televisi yang ada sekarang bisa dikatakan lebih mendahulukan hiburan (full
entertaint) daripada pesan programnya, terlebih hiburan yang ditayangkan lebih
bersifat bebas nilai, tidak terlalu mengindahkan aspek moral, budaya, dan
agama. Dengan dalih keinginan pasar dan mengikuti pasar, pengelola media
biasanya mengkreasikan program acara-acara yang semarak dengan hedonisme,
konsumerisme dan vulgarisme. Alih-alih demikian, maka hampir seluruh
acara-acara televisi berlomba-lomba untuk membuat program tayangan acara
televisi yang lebih heboh lagi dari sisi negatifnya dan keberanian memvisualisasikannya.
Padahal program acara hiburan atau pun dunia entertainment tidaklah identik
dengan hedonisme, konsumerisme dan vulgarisme, karena dunuia entertaint adalah
dunia artistik (seni) dan estetika, dan seni itu sendiri memiliki nilai, pesan moral
dan idealisme. Dunia entertainment perlu dikemas dengan kreasi artistik dan
seni agar bisa ditampilkan dengan indah, menarik, dan kaya dengan pesan moral.
Dari sisi perkembangan yang bernama Audio
Visual, di Indonesia telah mencapai sebuah tempat yang bernama industri. Tempat
dimana semua hal akhirnya berlaku seperti mesin. Kecepatan produksi,
efektifitas produksi dan efisiensi produksi untuk menghasilkan produk audio
visual menjadi standar yang harus dipenuhi. Kreativitas dan kerja keras berbaur
seperti deru mesin pabrik. Berbeda dengan mesin pabrik yang menghasilkan polusi
lingkungan, mesin-mesin ini menghasilkan polusi yang dinilai lebih membahayakan
yaitu polusi moral. Namun dengan semua tudingan yang ada, industri audio visual
tidak bergeming dan terus melakukan produksi.
Menyikapi perkembangan tersebut, perlu
adanya pengelolaan dan penciptaan bagaimana melahirkan dan membentuk sosok
bangunan TV Dakwah yang memiliki fungsi integrasi sebagi media informasi,
edukasi, entertainment dan dakwah, pada posisi inilah televisi bisa dikatakan
sebagai subjek saluran perubahan (agent of change) dalam meng’create
program-program TV yang mendidik dan menghibur. Melihat perkembangan dunia
pertelevisian yang sangat pesat dewasa ini, serta sadar akan kebutuhan program
TV yang begitu beragam, dengan melalui strategi dan ekpansi memenuhi kebutuhan
pasar yang semakin kompetitif, maka perlu pengembangan akademik dan parktical
skill denga tujuan untuk melahirkan sumber daya manusia yang terdidik,
bermoral, siap pakai dan profesional serta memiliki idealisme creative di
lapangan broadcasting dan sinematografi.
A. Pra Produksi
Goal
Skill : Manajemen Programming, Perencanaan
Produksi, Creative Program, R & D,
Scriptwritng,Prsenting,acting, News
Journalist, dll
1. Wacana, Ide, Konsep dan Format TV Islam
Materi ini akan disampaikan 2 arah. Durasi
2 jam.
Goal : Membangun mindset dan frame of
thingking tentang apa dan bagaimana TV Islam
Content : Integralitas fungsi media :
informasi, edukasi, entertainment, dan dakwah; Visi dan Misi, Sistem, Supra
struktur dan infra struktur, Total Quality Control, dll
2. Sekilas tentang Programming Television
Materi ini akan disampaikan 2 arah. Durasi
2 jam.
Goal : Mengenal istilah dan alur
programming television
Content : Apa itu programming tv,
schedulling, acquisisi, sindikasi, R&D, cerative program, dll
3. Sekilas tentang Format, Bentuk dan
strategi Program
Materi ini akan disampaikan 2 arah. Durasi
2 jam.
Goal : Mengenal istilah, mengerti dan bisa
membuat format program acara
Content : Live, Live On Tipe, Delay, Hard
Talk show, Soft Talk Show, Reality Show, variaty Show, Drama, Doku Drama, TV
Magazine, Event Organizer, Kulliner, Live in Concert, Filler, dll
4. Pra Produksi program : Ide, Konsep dan
Tema
Materi ini akan disampaikan 2 arah. Durasi
2 jam.
Goal : Mengerti tentang perbedaan ide dan
konsep
Content : Eksplorasi ide, menstrukturkan
ide dan menuangkan dalam konsep. Bekerja dengan sebuah tema dan mengembangkan
sebuah tema.
5. Desain Program
Materi ini akan disampaikan 2 arah. Durasi
2 jam.
Goal : Menstrukturkan ide dan konsep dalam
sebuah Desain Program
Content : Sinopsis sebagai sebuah guide,
sinopsis sebagai pusat ide.
6. Segmentasi Program
Materi ini akan disampaikan 2 arah. Durasi
2 jam.
Goal : Mengatur segmentasi program dengan
baik
Content : Penekanan setiap segmentasi
program
7. Naskah Program TV
Materi ini akan disampaikan 2 arah. Durasi
2 jam.
Goal : Pembahasan naskah program TV
Content : Penaskahan
8. Managemen Produksi & Presentasi
Naskah Program TV
Materi ini akan disampaikan 2 arah. Durasi
2 jam.
Goal : Dapat menyampaikan ide, konsep,
tema program, target audiens, setting, air look, dll
Content : Mengelola produksi
9. Perencanaan Produksi
Materi ini akan disampaikan 2 arah. Durasi
2 jam.
Goal : Peserta dapat menyusun sebuah
schedule dan anggaran.
Content : Schedule dan anggaran produksi.
10. Acting
Materi ini akan disampaikan 2 arah. Durasi
2 jam.
Goal : Berorientasi pada eksplorasi minat,
bakat dan kemampuan peserta yang difikuskan pada dunia akting.
Content : Asas-asas akting, lakon, adegan,
model, dll
11. Scriptwriting (News dan Non News)
Materi ini akan disampaikan 2 arah. Durasi
2 jam.
Goal : Berorientasi pada eksplorasi minat,
bakat dan kemampuan peserta yang difikuskan pada dunia penulisan.
Content : Scriptwriting secara umum,
naskah : hard news, soft news, feature, documenter, drama, non drama, dll
12. News Journalist and Presenting
Materi ini akan disampaikan 2 arah. Durasi
2 jam.
Goal : Berorientasi pada eksplorasi minat,
bakat dan kemampuan peserta yang difokuskan pada pembuat, pencari, pengolah,
penulis, dan pembawa berita.
Content : News Presenter, News Reporter,
News Anchor, News Journalist, News Contributor. Scriptwriting secara umum,
naskah : hard news, soft news, feature, documenter, drama, non drama, dll
B. Produksi
Deskripsi
Program ini merupakan program lanjutan
dari Pra Produksi. Dalam Produksi, materi yang akan disampaikan merupakan
materi-materi yang akan membahas eksekusi produksi dari perencanaan produksi
yang menjadi tugas akhir tahap Pra Produksi.
Skill : Manajemen keproduksian,
Keproduseran, Penyutradaraan, Program Producer,
Creative Program, Floor Director. Stage
Director, Host, Co Host, cameramen, dll.
10. Teamwork dan Job Description
Materi ini akan disampaikan 1 arah dan
diskusi. Durasi 2 jam.
Goal : Mengetahui pembagian tugas kru.
Content : Mengenalkan Job description
dalam sebuah team produksi.
1. Kamera Elektronik, Lighting & Sound
Materi ini akan disampaikan 1 arah dan
diskusi. Durasi 2 jam.
Goal :
Mengenal kamera dan dasar pengambilan
gambar.
Mengenal teori dan set up lighting.
Mengenal teori dan set up sound.
Content : Pengenalan dasar kamera,
Karakter Lensa, Gerakan Kamera, Framing, Jenis Angle Kamera, Type Angle Kamera.
Karakter Lampu, Jenis Lampu, Three Point
Lighting, Planning the Lighting.
Sound Atmosfir, Frekuensi, Jenis
Microphone.
2.Teknik pem-Film-an, Screen Direction,
Komposisi & Kontinuiti
Materi ini akan disampaikan 2 arah dan
diskusi. Durasi 2 jam.
Goal : Mengenal teori pengambilan gambar
dalam sebuah film.
Content : Garis Imajiner, Screen Direction
dinamis dan statis, Poros Action, Aturan Pengkomposisian, Bahasa
Pengkomposisian, Type Keseimbangan.
3.Pembagian Job Desc & Breakdown
Naskah
Materi ini akan disampaikan 1 arah dan
diskusi. Durasi 2 jam.
Goal : Mengetahui persiapan akhir
shooting.
Content : Pembagian kru dari siswa,
Breakdown Naskah by Property, by Equipment, Scheduling Shooting.
4. Directing
Materi disampaikan 1 arah. Durasi 2 jam.
Goal : Mengetahui apa itu directing, cara
directing.
Content : Pengarah produksi lapangan baik
in door maupun out door, sutradara.
5. TV Program Production
Praktek casting. Durasi 2 jam.
Goal : Mengetahui pekerjaan TV program
production dan orang-orang dibalik layar kaca.
Content : Program Producer, Creative
Program, Floor Director. Stage Director, Host, Co Host, cameramen, ligthing
man, soundman, dll
6.Set up & Rehearsal
Praktek casting. Durasi 2 jam.
Goal : Mengetahui cara casting.
Content : Casting.
C. Simulasi
Simulasi produksi merupakan eksekusi dari
naskah dan perencanaan produksi yang sudah dibuat peserta dalam program Pra
Produksi. Simulasi ini berupa pemberian deadline dari “Training”. Simulasi ini
akan diawasi oleh mentor.
D. Post Produksi
Deskripsi
Program ini merupakan program lanjutan
dari produksi. Dalam post produksi materi yang akan disampaikan merupakan
materi-materi yang akan membahas teknis penyuntingan gambar dari proses
Produksi. Program ini adalah tahapan akhir dalam sebuah proses Produksi.
Tahapan ini sangat penting, karena bila eksekusinya tidak maksimal, maka hasil
kerja keras di tahapan Pra Produksi dan produksi akan mentah.
Skill : Editor as a second director
Karya : Editing, Mixing, Music Scoring dan
Mastering
1. Digital Post Production
Materi ini akan disampaikan 2 arah dan
diskusi. Durasi 2 jam.
Goal : Mengenal karakter dan format
editing.
Content : Mengenalkan Karakter Editing dan
Format Digital Editing.
2. Pengenalan Editing 1
Materi ini akan disampaikan 2 arah,
diskusi dan praktek. Durasi 2 jam.
Goal : Mengenal teknik editing gambar
dengan menggunakan software editing.
Content : Penempatan Klip ke Timeline,
Penggunaan Transisi, Preview.
3. Pengenalan Editing 2
Materi ini akan disampaikan 2 arah,
diskusi dan praktek. Durasi 2 jam.
Goal : Mengenal teknik editing audio
dengan menggunakan software editing.
Content : Mengatur Level Audio dan
Menggunakan Efek.
4. Off Line Editing 1
Praktek Editing. Durasi 2 jam.
Goal : Mengerti cara melakukan off line
editing.
Content : Teknik Editing Offline.
5. On Line Editing 2 (lanjutan)
Praktek casting. Durasi 3 jam.
Goal : Mengerti cara melakukan on line
editing.
Content : Teknik editing on line dan
Teknik Mastering.
E. Simulasi
Program Simulasi adalah memberikan ruang
lab editing untuk keperluan peserta meng-edit hasil produksi mereka. Peserta
akan diberikan deadline waktu untuk bisa menyelesaikan editing mereka. Deadline
berupa pemberian shift. Satu shiftnya berdurasi 2 jam.
Artikel Terkait:
* Ilmu Komunikasi
* Teori Ilmu Komunikasi
* Mata Kuliah Ilmu Komunikasi
* Teori Semiotika
* Makalah Ilmu Komunikasi
* Materi Ilmu Komunikasi
* Makalah Kuliah Komunikasi
* Event Organizer
* Mata Kuliah Event Organizer
* Teori Semantik
* Metode Penelitian Komunikasi
* Jurnalisme Kontemporer
* Media
Massa
* Mata Kuliah Jurnalisme
* Mata Kuliah Reportase
* Ilmu Advertising
* Dasar Jurnalisme
0 Response to "Menjadi Programer TV"
Post a Comment