Seputar Event Organizer
Bicara tentang Event Organizer, kita harus
mengerti dulu kriteria Event Organizer. Organizer tidak jauh pengertiannya
dengan kepanitiaan. Organizer mempunyai ruang lingkup yang luas. Organizer
adalah sekelompok orang yang, yang terdiri atas tim pelaksana, tim produksi,
tim pekerja dan tim manajemen yang melaksanakan tugas operasional suatu program
acara.
Urutan posisi para pihak yang sesuai
dengan lingkup wilayah kerja dan tanggung jawab adalah sebagai berikut:
- Penyandang
dana. Ini dapat berupa sponsor
atau instansi/ perusahaan yang memiliki hajat.
- Pelaksana.
Disinilah posisi Event Organizer yang sesungguhnya.
- Penampil.
Penampil ini adalah satu kunci daya tarik suatu program
- Penonton.
Apapun eventnya, faktor kehadiran penonton akan menjadi penting karena
untuk menentukan keberhasilan suatu event.
- Pengamat. Ini
biasanya dari kalangan pers, atau justru kawa-kawan kita sendiri, atau
siapapun yang memperoleh informasi event kita.
Prospek masa depan Event Organizer
sangatlah bagus! Demikian yang dikatakan Adrie Subono dan Log Zelebhour-sedikit
dari promotor papan atas di negeri ini. Event Organizer atau promoter besar di
Indonesia sangatlah sedikit. Padahal kalau kita cermati, sekarang ini banyak
sekali mendengar event-event besar setiap hari, dan peluang pasar masih terbuka
lebar.
Kiat menyusun acara
Untuk mencapai sebuah
kesuksesan suatu event yang kita gelar, salah satu hal terpenting adalah
bagaimana acara itu tersusun. Sebuah acara sangat membutuhkan adanya suatu klimaks atau
puncak acara. Tanpa yang satu ini, acara bisa menjadi monoton dan hampa atau
terkesan tidak ada unsur 5P, terutama penonton.
Beberapa hal penting yang bisa dipakai
sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun acara antara lain:
Acara Showbiz/pentas musik outdoor/indoor
Event ini biasanya adalah event besar,
yang mengharapkan jumlah penonton yang relatif banyak, rata-rata lebih dari
1000 penonton.
Acara pentas musik orkesta
Beberapa hal penting yang perlu
diperhatikan:
- Pementasan
musik orkesta memiliki susunan acara yang khusus.
- Pementasan
musik orkesta ada tiga jenis, yaitu konser klasik, dan pop konser atau
kombinasi diantara keduanya.
Acara pesta hiburan
Pada prinsipnya semua jenis gelaran acara
kecuali upacara resmi harus memiliki sentuhan yang bersifat menghibur. Unsur
hiburan adalah unsur paling utama untuk mencapai ‘kepuasan’ atas gelaran acara.
Acara seremonial/Protokoler
Apabila kita mendapat job untuk menggarap
event, misalnya serah terima jabatan, maka yang harus kita lakukan pertama kali
adalah bertanya dan menggali banyak informasi tentang prosedur yang berlaku di
instansi tersebut pada bagian humas.
Acara seminar
Dalam acara ini terdapat pembawa acara dan
moderator.Ada beberapa faktor penting yang dalam memilih moderator:
1. Figur yang
memiliki pengetahuan lebih
2. Memiliki tingkat
kemampuan komun ikasi diatas rata-rata
3. Memiliki
kemampuan memimpin kepada pembicara dan audien
4. Memiliki mental entertainer
Event hiburan yang sukses
Sebuah pertunjukan dikatakan sukses jika
mampu menghibur. Mewujudkan hal tersebut sungguh tidaklah mudah banyak faktor
yang mendukung hal tersebut, diantaranya:
- Lokasi Pementasan. Dalam
pemilihan lokasi, harus didasarkan pada jenis event yang dibuat, showbiz
profit oriented atau gratis.
- Nama pementasan. Judul
pentas sangat berpengaruh untuk membangun emosi penonton. Buatah
judul yang unik sehingga mampu membuat masyarakat atau audien menjadi
penasaran.
- Materi pementasan. Hal ini
merupakan tugas dari tim kreatif untuk mampu mengemas sebuah acara menjadi
istimewa.
- Promosi. Faktor
promosi ialah bentuk kemasan komunikasi berisi tentang nama pentas,
materi, tempat, waktu, dan harga tiket. Jika budget acara kalian
bukan menjadi kendala, alangkah baiknya untuk mempromosikan event tersebut
ke media nasional atau tergantung segmentasi event tersebut. Namun jika
budget event tersebut pas-pasan anda bisa memanfaatkan media sosial untuk
promosi event anda. Misal promosi menggunakan Facebook, Twitter,
Instagram, dll.
- Panggung, tata suara, tata lampu, peralatan
penampil dan dekorasi. Hal ini juga memberikan
pengaruh besar pada emosi dari para penonton. Dan mereka berpikir telah
mendapatkan kepuasan tersendiri.
- Klimaks suatu acara. Pada
penampilan show tunggal sebuah grup band terkenal, susunan repertoar
klimaks sudah mereka atur sendiri. Klimaks harus secara mutlak adanya.
Menyelenggarakan pameran
Bisnis pameran pada era sekarang ini mulai
menunjukan perkembangan yang pesat. Hampir setiap hari kita sering menjumpai
pamerandengan skala nasional maupun internasional. Ada macam-macam klasifikasi
pameran, yaitu:
- Pameran
dagang ritel. Adalah suatu bentuk penyelenggaraan
pameran yang menampilkan jenis produk-produk perdagangan.
- Pameran
produk ekspor. Adalah suatu bentuk pameran yang
menampilkan jenis-jenis produk komoditi ekspor.
- Pameran
busana atau perhiasan
- Pameran
busana dan perhiasan. Lebih sering disebut fashion show dan
menggunakan media cat walk.
- Pameran
pengetahuan. Pameran ini benar-benar target tanpa
keuntungan, karena tidak ada produk yang dapat dijual.
Strategi menggaet sponsor
Pada saat kita menggarap
event, kita biasanya kesulitan dalam menggaet sponsor.
Ada hal yang perlu
diingat dalam menggaet sponsor:
1. Harus menyiapkan
bekal awal bertemu sponsor
2. Membuat surat
penawaran
3. Bersiap bertemu
sponsor
4. Komunikasi
dengan pejabat calon sponsor
5. Mengetahui
maunya sponsor
6. Laporan sebagai
wujud tanggung jawab
Ketika pertama kali kita menggagas untuk
menggelar event, muncul dibenak kita banyak hal dan dari titik mana kita akan
mengurainya? Dari hal manakah kita memprioritaskan? Maka hal terpenting ialah,
bagaimana kita memperoleh sponsor?
Beberapa contoh pengkotakan event dan
sponsor yang memiliki kecocokan sebagai berikut:
- Event tingkat sekolah,
misalnya lomba antar kelas, perpisahan, diskusi, pameran karya,dan study
tour.
- Event tingkat universitas,
misalnya pensi dies kampus, pameran, program antar kampus/study tour,
seminar, lomba seni.
- Event tingkat umum, misalnya event pendukung bisnis utama(misalnya kita memiliki bisnis resto, maka kita membutuhkan Event Organizer sebagai bentuk dukungan promosi), event sebagai bisnis utama (suatu keputusan penting ketika event menjadi sebuah profesi dan sebagai tempat sandaran hidup).
Artikel Terkait:
* Ilmu Komunikasi
* Teori Ilmu Komunikasi
* Mata Kuliah Ilmu Komunikasi
* Teori Semiotika
* Makalah Ilmu Komunikasi
* Materi Ilmu Komunikasi
* Makalah Kuliah Komunikasi
* Event Organizer
* Mata Kuliah Event Organizer
* Teori Semantik
* Metode Penelitian Komunikasi
* Jurnalisme Kontemporer
* Media Massa
* Mata Kuliah Jurnalisme
* Mata Kuliah Reportase
* Ilmu Advertising
* Dasar Jurnalisme
0 Response to "Cara Pinter Jadi Event Organizer"
Post a Comment