Prinsip-Prinsip Mediamorfosis (Roger Fidler)

1. Analisa
Perubahan bukanlah sesuatu yang paling dinanti atau benar-benar diprediksi oleh banyak manusia. Bahkan bagi para investor yang merangsang berbagai perubahan tekonologi dan social, membayangkan masa depan berarti menghadirkan masalah yang penuh dengan teka teki.Ada sebagian orag yang berpendapat bahwa teknologi yang terjadi di masa yang akan datang dapat diprediksi. Hal tersebut dikarenakan perubahan yang akan terjadi pada abad berikutnya akan berbenturan dengan nilai dan standar yang berlaku saat ini.Dengan membiarkan sejarah menjadi penuntun kita, kita kan melihat bahwa kekuatan-kekuatan yang membentuk masa depan kita pada dasarnya sama dengan kekuatan- kekuatan yang telah membentuk masa lalu kita. Hal ini bisa dikatakan sebagai sifat empiris dari manusia.

2. Mengarasi perubahan
Teknologi-teknologi baru begitu cepat diserap dalam budaya Amrika Serikat sehingga perspektif sejarah sering kali hilang dalam proses tersebut. Computer telah memberi banyak manfaat daripada sekedar meningkatkan kuantitas grafis. Computer juga membawa berbagai perubahan mendasar, baik pada isi, ketepatan waktu, bentuk dan kualitas grafis. Baca juga: Pembaharuan-pembaharuan kebijakan publik
Roger Fidler mengatakan sudah menemukan tablet di tahun 1994

3. Dampak computer pribadi
Kontribusi terbesar computer terletak pada kemampuannya untuk mengurangi tahap-tahap produksi padat karya yang memakan waktu, serta memungkinkan penyuntingan dengan cepat dengan menggunakan grafis, yang sering kali terjadi pada menit-menit terakhir menjelang deadline.Sebagian besar desain yang muncul dalam surat kabar dan majalah, sebelum computer ditemukan, hanyalah I;ustrasi dan kartun yang sesuai dengan suasana hati, yang sedikit atau sama sekali tidak memasukkan informasi tekstual.Dampak computer terhadap pekerja kreatif juga sama besarnya. Sebelum tahun 1985, status dan gaji mereka tergolong rendah. Pada decade berikutnya, mereka yang menguasai system computer dan mampu menghasilkan grafis informasi melejit ke posisi terhormat di bagian berita dan feature.

4. Visi media masa depan
Kembali ke tahun 1930 dan 1940-an, gambar- gambar seni tentang pesawat masa depan, sebagaimana dimimpikan oleh para pilot dan design terkenal, begitu sering muncul dalam surat kabar, majalah, dan buk. Dewasa ini, banyak contoh dari visi-visi yang pernah poluler itu menunjukan sebagian besar ahli pada waktu itu benar dalam meramalkan bahwa pada tahun 1960-an pesawat komersial akan membawa ratusan penumpang secara rutin ke tempat yang berjauhan dalam beberapa jam saja.

5. Hukum 30 tahun
Paul Saffo, Direktur Institute For the Future di Menlo Park, California, mengungkapkam bahwa rentang waktu yang dibutuhkan gagasan-gagasan baru agar benar-benar meresap ke dalam sebuah kebudayaan lazimnya rata-rata mencapai 3 dekade, setidaknya selama lima abad terakhir.Saffo belajar dari pengalaman bahwa ingatan kita yang pendek begitu sering bingung karena dikejutkan oleh kecepatan. Ketika hal tersebut terjadi pada teknologi-teknologi yang tengah muncul, ia menemukan bahwa kelambanan perubahan merupakan suatu kelaziman daripada sebuah pengecualian. Baca juga: Teori interaksionisme simbolik

6. Tahap-tahap perkembangan
Saffo telah mengidentifikasi tiga tahap tipikal dalam hokum 30 tahun. Diantaranya sebagai berikut:• Decade pertama : banyak kebodohan, banyak teka-teki, dan tidak banyak penetrasi.• Decade kedua : banyak perubahan tanpa henti, penetrasi produk ke dalam masyarakat dimulai.• Decade ketiga : Lho, memangnya kenapa? Toh itu hanya teknologi standard an seriap orang memilikinya.Para ilmuan yang menciptakan computer Alto, demikian computer pertama disebut, percaya bahwa mereka sudah berada ditahap kedua dan bahwa penemuan mereka dapat melakukan penetrasi dengan cepat ke pasar perkotaan, namun para eksekutif perusahaan dan para peneliti pasar tidak memercayainya. Hal tersebut terjadi sekitar awal tahun 1970-an.Dengan mengambil manfaat dari peninjauan ulang, kita sekarang dapat melihat bahwa penggunaan computer pribadi pada tahun 1970-an masih berada pada tahap perkembangannya yang pertama.Baru sekarang kita bisa menyaksikan bagaimana dampak perbenturan antara video game, surat elektronis, informasi online, dan teknologi Internet yang berkaitan dengan alat telekomunikasi yang lebih cepat dan murah serta pasar PC untuk berkantor di rumah (home office) yang tumbuh pada tahun 1990-an akhirnya membawa computer pribadi masuk ke tahap keriga.

Artikel Terkait:
 * Ilmu Komunikasi
 * Teori Ilmu Komunikasi
 * Mata Kuliah Ilmu Komunikasi
 * Teori Semiotika
 * Makalah Ilmu Komunikasi
 * Materi Ilmu Komunikasi
 * Makalah Kuliah Komunikasi
 * Event Organizer
 * Mata Kuliah Event Organizer
 * Teori Semantik
 * Metode Penelitian Komunikasi
 * Jurnalisme Kontemporer
 * Media Massa
 * Mata Kuliah Jurnalisme
 * Mata Kuliah Reportase
 * Ilmu Advertising
 * Dasar Jurnalisme

Related Posts:

0 Response to "Prinsip-Prinsip Mediamorfosis (Roger Fidler)"

Post a Comment