Tujuan Humas



Secara umum ada 14 tujuan humas, yaitu:
  1. Untuk mengubah citra umum di mata khalayak sehubungan dengan adanya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan oleh perusahaan. Sebgai contoh, perusahaan yang semula hanya menangani transportasi truk tapi kemudian mulai menjual mesin pendingin ruangan. Guna menyesuaikan diri atas adanya kegiatan-kegiatan yang baru tersebut maka dengan sendirinya perusahaan yang bersangkutan harus berusaha mengubah citranya supaya kegiatan bisnis dan produk barunya itu diketahui dan mendapatkan sambutan positif dari khalayaknya.
  2. Untuk meningkatkan bobot/ kualitas para calon pegawai (perusahaan) atau anggota (organisasi) yang hendak direkrut.
  3. Untuk menyebarluaskan suatu cerita sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan pengakuan.
  4. Untuk memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas serta membuka pasar-pasar baru.
  5. Untuk mempersiapkan dan mengkondisikan masyarakat bursa saham atau rencana perusahaan untuk menerbitkan saham baru atau saham tambahan.
  6. Untuk memperbaiki hubungan antara perusahaan itu dengan khalayaknynya sehubungan dengan telah terjadinya suatu peristiwa yang mengakibatkan kecaman, kesangsian, atau salah paham di kalangan khalayak terhadap niat baik perusahaan.
  7. Untuk mendidik para pengguna atau konsumen agar mereka lebih efektif dan mengerti dalam memanfaatkan produk-produk perusahaan.
  8. Untuk meyakinkan khalayak bahwasanya perusahaan mampu bertahan atau bangkit kembali setelha terjadi suatu krisis.
  9. Untuk meningkatkan kemampuan dan ketahanan perusahaan dalam rangka menghadapi resiko pengambilalihan (take over) oleh pihak-pihak lain di bursa saham.
  10. Untuk menciptakan identitas perusahaan atau citra lembaga yang baru, yang tentunya lebih baik daripada sebelumnya, atau yang lebih sesuai dengan kenyataan yang ada.
  11. Untuk menyebarluaskan aneja informasi mengenai aktivitas dan partisipasi para pemimpin perusahaan/ organisasi dalam kehidupan sosial sehari-hari.
  12. Untuk mendukung keterlibatan suatu perusjahaan sebagai sponsor dari suatu acara.
  13. Untuk memastikan bahwasanya para politisi atau pihak pemerintah benar-benar memahami kegiatan-kegiatan atau produk perusahaan yang positif, agar perusahaan yang bersangkutan terhindar dari aneka peraturan., undang-undang, dan kebijakan pemerintah yang bisa merugikannya.
  14. Untuk menyebarluaskan kegiatan-kegiatan riset yang telah dilakukan oleh perusahaan, agar masyarakat luas mengetahui betapa perusahaan itu mengutamakan kualitas dalam berbagai hal.
Baca juga: Pengertian Public Relation

Meskipun 14 tujuan itu sudah cukup banyak, daftar tujuan ini masih bisa dikembangkan lebih jauh lagi sesuai dengan keperluan masing-masing organisasi atau individu pelaku humas.


Ilmu Komunikasi | Teori Ilmu Komunikasi | Mata Kuliah Ilmu Komunikasi | Teori Semiotika | Makalah Ilmu Komunikasi | Materi Ilmu Komunikasi | Makalah Kuliah | Event Organizer | Mata Kuliah Event Organizer | Teori Semantik | Metode Penelitian Komunikasi | Jurnalisme Kontenporer | Media Massa | Mata Kuliah Jurnalisme | Mata Kuliah Reportase | Materi Ilmu Komunikasi | Ilmu Advertising | Dasar Jurnalisme | Ilmu Public Relation | Materi Public Relation | Ilmu Humas
 

Related Posts:

33 Responses to "Tujuan Humas"

  1. mantap gan, tapi ane gak paham kali tentang humas

    ReplyDelete
  2. terimaksih gan infonya jadi tahu tentang humas karena akang sering jadi humas kalo ada kegiatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus gan. Klo ditekuni sebenarny humas bisa mnjdi pekerjaan yg elite kok

      Delete
  3. Humas secara tujuan memang harus seperti yang agan jelaskan. namun demikian, banyak dari Humas yang bertugas diluar kewajibannya.

    ReplyDelete
  4. thanks infonya sob.Oh tujuan Humas seperti itu.Keren sob

    ReplyDelete
  5. info yang baik gan terimakasih jadi saya mengerti betul tentang apa itu humas

    ReplyDelete
  6. owh seperti itu ya gan tujuan humas

    ReplyDelete
  7. http://duniabisnisremaja.blogspot.co.id/2015/10/bisnis-untuk-mahasiswa-yang-simpel.html

    ReplyDelete
  8. Mantap gan, ternyata banyak juga ya tujuan dr humas, thanks buat wawasan

    ReplyDelete
  9. jadi gitu gan tujuannya, kalo di organisasi juga ngga jauh beda ya gan

    ReplyDelete
  10. tujuanya bagus gan perlu ad dukungan tuh,,

    ReplyDelete
  11. humas ya emang salah satu yang penting yaxD

    ReplyDelete
  12. nambah ilmu tentang humas apalagi tujuanya . nice inpo

    ReplyDelete
  13. wah rupanya banyak juga ya tujuan humas ini

    ReplyDelete
  14. ilmu tentang humasnya bagus siapa tau bisa buat referensi

    ReplyDelete
  15. sangat bermanfaat dari artikel tujuan humas,saya jadi sedikit mengerti

    ReplyDelete
  16. mengerti sekarang apa itu humas, thanks gan ^_^

    ReplyDelete
  17. yoshhh banget nih blog, enak dan ringan

    ReplyDelete
  18. Mantap artikel diatas sangat bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  19. Detail gan artikelnya mantap

    Oh ea thanks gan inponya jadi nambah ilmu dech

    ReplyDelete
  20. nice artikel gan di tunggu postingan selanjutnya

    ReplyDelete
  21. paling kenal ama humasnya polrie hehe

    ReplyDelete
  22. Humas memang penting ya. Tapi, untuk orang jarang berbicara di depan umum mungkin akan sulit.

    ReplyDelete
  23. Ternyata berat juga tugas dan tujuan humas, makanya sampai ada program studinya di perguruan tinggi.

    ReplyDelete
  24. smpe skrng msh maniak radio..
    Syng skrng kgg rame ky dlu..

    ijinn siarnya dngr.2 ssh bang..?

    ReplyDelete
  25. susah nih jadi humas, harus percaya diri

    ReplyDelete