Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Jika anda berniat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, pasti dipikiran anda yang pertama adalah masuk jurusan apa? Kemudian setelah pertanyaan itu muncul, pertanyaan berikutnya yang sering muncul adalah jika masuk ke jurusan itu nanti kalau sudah lulus saya bakal jadi apa ya? Atau mungkin anda sudah mempunyai refernsi entah dari saudara atau orang tua untuk masuk ke salah satu jurusan sesuai saran dari mereka. Tapi saran saya lebih baik anda sendiri yang memutuskan dan saran dari orang lain cukup anda jadikan bahan masukan saja.
Salah satu studi yang beberapa tahun ini banyak diminati adalah jurusan ilmu komunikasi. Sekilas masyarakat berasumsi kalau ilmu komunikasi itu sama dengan ilmu komputer. Saya dulu juga punya pikiran seperti itu, namun kedua jurusan tersebut sebenarnya berbeda. Ilmu komunikasi mempelajari tentang etika dalam berkomunikasi dan bagaimana menggunakan berbagai alat atau media komunikasi sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan publik. Sedangkan ilmu komputer mempelajari tentang komputasi, perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software.
Jadi setelah anda mengetahui pengertian ilmu komunikasi diatas saya yakin anda sudah dapat menebak ke arah mana nantinya lulusan dari ilmu komunikasi nanti akan bekerja. Jika anda masuk ke jurusan ilmu komunikasi saya rasa anda sangat beruntung, karena ilmu komunikasi sangat mampu bersaing di hampir seluruh bidang pekerjaan. Karena prospek kerja ilmu komunikasi memang banyak, sebut saja jurnalis, MC, public relation, pekerja film, fotografer, desain grafis, broadcasting, event organizer.
Pelatihan kamera untuk bekal menjadi seorang kameramen profesional
juga merupakan salah satu bagian dari materi kuliah sinematografi

Di ilmu komunikasi nanti anda akan mempunyai banyak laboratorium yang sangat banyak, bahkan laboratorium jurusan kedokteran pun masih kalah banyak dengan jurusan ilmu komunikasi. Sebut saja laboratorium bahasa, laboratorium TV, laboratorium radio, laboratorium fotografi, laboratorium grafis, dan masih banyak lagi. Itulah yang nantinya membuat anda memiliki banyak modal untuk bersaing di dunia kerja. Jika anda masih berpikiran yang boleh kuliah di jurusan ilmu komunikasi adalah MC, anda salah besar. Karena ilmu komuniksi tidak sesempit itu.
Kali ini saya akan membahas beberapa prospek kerja ilmu komunikasi yang banyak diminiati para sarjana ilmu komunikasi:

Jurnalistik
Jurnalistik adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan pencatatan atau pelaporan setiap hari. Jadi jurnalistik bukan pers, bukan media massa. Menurut kamus, jurnalistik diartikan sebagai kegiatan menyiapkan, mengedit, dan menulis surat kabar, majalah, atau berkala lainnya. Dari sini kita dapat melihat jika anda kuliah di jurusan ilmu komunikasi bisa dipastikan prospek kerja anda kelak menjadi seorang jurnalis dengan syarat anda mampu mempelajari bagaimana cara menyiapkan, mengedit dan menulis sebuah berita, dll.

Event Orgnizer
Event Organizer berasal dari dua kata yaitu event yang berarti peristiwa atau acara dan kata organizer yang berarti penyelenggara. Jadi jika kedua kata digabung akan menjadi penyelenggara suatu acara atau bisa juga dijabarkan menjadi sekelompok orang yang terdiri dari tim pelaksana, tim produksi, tim pekerja, dan tim manajemen yang melaksanakan tugas operasional suatu gelaran acara. Di bidang ini anda tidak hanya dicetak menjadi seorang event organizer yang profesional, namun lebih dari itu. Disini anda akan mempelajari bagaimana mengelola keuangan event organizer yang kelak bisa anda manfaatkan juga untuk melamar kerja menjadi seorang akunting.

Broadcasting
Broadcasting sendiri merupakan bahasa Inggris yang mempunyai makna penyiaran, lebih tepatnya lagi pada penyiaran radio dan penyiaran televisi. Dan yang baru-baru ini sedang dikaji adalah mengenai penyiaan online. Jadi disini anda akan dicetak menjadi pekerja media yang handal. Bekerja di stasiun televisi memang masih menjadi pilihan para sarjana komunikasi yang paling ramai.

Fotografi
Untuk anda yang suka mendokumentasikan gambar, mungkin profesi ini cocok anda geluti. Dengan anda memutuskan masuk ke jurusan ilmu komunikasi, secara otomatis anda akan mendapatkan bekal lebih mulai dasar-dasar fotografi hingga teknik-teknik dalam fotografi yang dapat anda manfaatkan nantinya di dunia kerja.

Humas/Public Relation
Humas merupakan suatu seni sekaligus disiplin ilmu sosial yang menganalisis berbagai kecenderungan, memprediksikan setiap kemungkinan konsekuensi dari setiap kegiatannya, memberikan masukan dan saran kepada pimpinan, mengimplementasikan program-program tindakan yang terencana untuk melayani kepentingan khalayak. Pendek kata, humas adalah tangan kanan dari organisasi/perusahaan/instansi pemerintahan/dll. Profesi ini juga bisa dikatakan sangat elit menurut saya. Anda akan diajarkan bagaimana menjaga nama baik suatu perusahaan dan mempertahankan nama baik tersebut dimata khalayak.

Itulah beberapa prospek kerja ilmu komunikasi yang paling banyak diminati para lulusan ilmu komunikasi. Sebenarnya masih banyak pilihan pekerjaan jika anda memilih kuliah di ilmu komunikasi. Anda akan memahami semua macam-macam pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian dan hobi anda setelah anda masuk menjadi mahasiswa ilmu komunikasi. jadi anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih program studi ilmu komunikasi, meskipun semua tadi dikembalikan ke anda lagi. Seberapa serius anda mempelajari ilmu komunikasi?

Related Posts:

8 Responses to "Prospek Kerja Ilmu Komunikasi"

  1. wahh ane jadi pengen ikut prospek kerja Jurnalistik...
    tapi ini berhubungan dengan kuliah ya gan .__.
    sayangnya ane masih smk kwkw

    ReplyDelete
  2. lihat sistematik dari foto pelatihan kamera diatas jd inget temen saya pas latihan teknik pemetaan lahan.. hehehe

    ReplyDelete
  3. hhmmm ternyata begini prospek dari Ilmu komunikasi.

    ReplyDelete
  4. jadi pingin masuk jurusan komunikasi nih setelah selesai SMA.

    ReplyDelete
  5. jadi nambah wawasan nihh thanks infonya gan

    ReplyDelete
  6. Memang mas komunikasi itu berpeluang besar apalagi sekarang banyak media tv, koran, majalah, radio dan lainnya. Apalagi saya dulu sempat belajar komunikasi dakwah dan komunikasi pembelajaran biar kita menjalin komunikasi yang dua arah dan pesan demi pesan juga bisa tersampaikan dengan jelas. Makasih ulasannya.

    ReplyDelete