Perubahan Makna Kata Insya Allah

yaa yang berarti kehendak dan mendapatkan awalan in yang merupakan huruf insyartiyah yang merupakan huruf syaratdan masih membutuhkan jawab. Kemudian yang terakhir adalah kata Allah yang berarti Allah (Tuhan). Kata insya Allah menurut pemahaman Santri adalah suatu kata yang berhubungan dengan janji kepada seseorang yang harus ditepati namun hasil akhir tetap pada Allah. Baca juga: Jurnalisme Kontemporer
Secara umum perubahan makna kata insya Allah dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Santri menggunakan kata insya Allah ketika mereka dalam keterpaksaan, menolak janji secara halus dan merasa ragu antara mampu menepati janji yang telah dibuat atau tidak. Yang akhirnya mereka menggunakan kata insya Allah sebagai jalan keluarnya. Selain itu perbandingan antara Santri generasi terdahulu dengan yang sekarang sangat berbeda dalam menggunakan kata insya Allah. Santri terdahulu cenderung menggunakan kata insya Allah sesuai makna sesungguhnya, namun untuk Santri sekarang mereka lebih menggunakan kata insya Allah hanya untuk pemanis. Baca juga: Membangun Epistimologi Komunikasi Islam
Lafadz Insya Allah
Selain perkembangan teknologi yang semakin pesat, faktor penyebab perubahan makna kata insya Allah menurut Santri adalah peran dari media yang semakin pesat dan saling bersaing. 
Objek penelitian ini adalah salah satu pondok pesantren yang ada di Jawa Timur.  Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes.

Artikel Terkait:
 * Ilmu Komunikasi
 * Teori Ilmu Komunikasi
 * Mata Kuliah Ilmu Komunikasi
 * Teori Semiotika
 * Makalah Ilmu Komunikasi
 * Materi Ilmu Komunikasi
 * Makalah Kuliah Komunikasi
 * Event Organizer
 * Mata Kuliah Event Organizer
 * Teori Semantik
 * Metode Penelitian Komunikasi
 * Jurnalisme Kontemporer
 * Media Massa
 * Mata Kuliah Jurnalisme
 * Mata Kuliah Reportase
 * Ilmu Advertising

Related Posts:

6 Responses to "Perubahan Makna Kata Insya Allah"

  1. betul gan...kata insya' Allah di ucapkan hanya pemanis saja tanpa ada rasa serius di balik makna kata serius tersebut.

    ReplyDelete
  2. tulisan arabnya salah ,100% salah ,jika seperti itu artinya menciptakan allah ,jika kata IN Syaa a nya tdk disambung maka artinya JIKA ALLAH MENGIJINKAN

    ReplyDelete
  3. itu penulisan arabnya salah,seharusnya kata In ,dengan SyaaA nya tidak disambung,jika disambung artinya menciptakan allah ,jika tidak disambung maka artinya jika allah mengijinkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya allah baru sadar saya mas. sudah saya perbaiki kok. maklum copas dr google images jd kurang perhatiin lafadz nya deh.
      kalo arab nya digabung emang keliru sih tp kalo huruf latinnya harus digabung mas.
      Soalnya in adl huruf istifham, yg biasanya disebut juga in syartiah yg tidak boleh dgandeng sama amilnya.
      mungkin kurang lebih seperti itu klarifikasi dari saya, makasih koreksinya mas..

      Delete