Perbedaan Pemasaran, Publisitas, Iklan dan Promosi





1.      Pemasaran
Menurut WY. Stanton
Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
Menurut H. Nystrom
Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
Menurut Philip dan Duncan
Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.
Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association
Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
2.      Publisitas
Menurut Lawrence & Dennis L. Wilcox (pakar humas dari San Jose State University).
Publisitas adalah informasi yang tidak perlu membayar ruang-ruang pemberitaannya/penyiarannya namun disaat yang sama tidak dapat dikontrol oleh individu/perusahaan yang memberikan informasi, sebagai akibatnya informasi dapat mengakibatkan terbentuknya citra dan mempengaruhi orang banyak dan dapat berakibat aksi-dimana aksi ini dapat menguntungkan atau merugikan saat informasi dipublikasikan.
Menurut Lesly (1992:6).
Publisitas adalah penyebaran pesan yang direncanakan dan dilakukan untuk mencapai tujuan lewat media tertentu untuk kepentingan tertentu dari organisasi dan perorangan tanpa pembayaran tertentu pada media
Menurut David F. Rahmacitti (1990;5).
Publisitas adalah berita yang ditulis oleh media massa yang mencakup pemberitahuan tentang suatu produk, layanan-layanan, acara-acara, posisi, pekerja, kontribusi, sejarah, atau tujuan dari suatu bisnis, agensi atau kelompok.
Menurut Newsom, Truk, Kruckeberg (2004;215).
Publisitas adalah berta-berita tentang seseorang, produk atau pelayanan yang muncul pada suatu ruang atau waktu yang media sediakan dalam bentuk berita, feature, atau kontek editorial atau program dalam dunia broadcast.
Menurut Swastha (1999).
Publisitas adalah "Sejumlah informasi tentang sasaran, barang, atau organisasi yang disebarluaskan ke masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya atau tanpa pengawas dari sponsor". Publisitas merupakan pelengkap yang efektif bagi alat promosi yang lain seperti periklanan, personal selling, dan promosi penjualan. Biasanya, media bersedia mempublisitas suatu cerita apabila materinya dirasakan cukup menarik atau patut dijadikan berita.

Baca juga: Peranan Humas

Menurut American Marketing Assosiation
"Publicity: non personal stimulation for a product, service or business unit by commercially significant news about it in a medium or obtaining favourable presentation radio, television or stage that is not paid the sponsor".
Publisitas adalah merupakan dorongan yang sifatnya tidak perorangan terhadap permintaan akan suatu produk, jasa ataupun satuan usaha dengan jalan memuat berita-berita yang sifatnya komersil di dalam media yang dipublikasikan atau penyajiannya secara tepat melalui televisi, radio, atau bioskop-bioskop dan kesemuanya ini tidak dibayar oleh sponsor.
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa publisitas merupakan keterangan tentang suatu produk tertentu yang disebutkan dalam bentuk berita, hal mana merupakan keuntungan karena dalam pelaksanaannya tidak dibayar oleh sponsor, dengan demikian publisitas mempunyai potensi untuk mendorong penjualan.
3.      Iklan
Iklan merupakan bentuk penyajian yang dilakukan oleh komunikator secara non personal melalui media untuk ditujukan pada komunikan dengan cara membayar.
4.      Promosi
Menurut Djaslim saladin (2003 : 123)
Promosi adalah “suatu komunikasi informasi penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut”.
Menurut Buchari Alma (1992:153)
Promosi  adalah “ kegiatan untuk menyampaikan informasi, berkomunikasi, dan menyakinkan masyarakat terhadap sesuatu”.

Baca juga: Pengetian Teknik Trianggulasi

Dari kedua pengertian promosi di atas dapat diartikan bahwa promosi merupakan komunikasi informasi antara penjual dan pembeli yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, berkomunikasi, dan menyakinkan masyarakat terhadap sesuatu barang.Promosi merupakansalah satu aspek yang penting dalam manajemen pemasaran dan sering dikatakan sebagai “proses berlanjut”.

Ilmu Komunikasi | Teori Ilmu Komunikasi | Mata Kuliah Ilmu Komunikasi | Teori Semiotika | Makalah Ilmu Komunikasi | Materi Ilmu Komunikasi | Makalah Kuliah | Event Organizer | Mata Kuliah Event Organizer | Teori Semantik | Metode Penelitian Komunikasi | Jurnalisme Kontenporer | Media Massa | Mata Kuliah Jurnalisme | Mata Kuliah Reportase | Materi Ilmu Komunikasi | Ilmu Advertising | Dasar Jurnalisme | Ilmu Public Relation | Materi Public Relation | Ilmu Humas

Related Posts:

29 Responses to "Perbedaan Pemasaran, Publisitas, Iklan dan Promosi"

  1. ohh jdi beda ya , thx gan ini bermanfaat bgt buat blogger

    ReplyDelete
  2. mkasih ilmunya,bang,..boleh minta tipsnya bwt main Im g bang? by dedi mekanikmitsubishi

    ReplyDelete
  3. oh jadi seperti itu perbedaan dan penjelasannya, sekarang saya lebih paham. Thank you

    ReplyDelete
  4. memang pemasaran dan pengiklanan harus bersatu padu untuk mencapai keinginan kesuksesan gan... bila kita cerdas dan pandai mengatur strategi. insyaallah pasti usaha kita berhasil , ilmu bermanfaat sekali gan!

    hsindo.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. sanat bermanfaat nih mas.... mudah-mudahan bermanfaat buat saya nih.. terima kasih infonya

    ReplyDelete
  6. Mantap Infonya, Sangat Bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. Jadi bisa bedain nya nih :D thx info nya

    ReplyDelete
  8. siph, gan memeang semua itu mempunyai tujuan yang sma :D

    ReplyDelete
  9. Dan smua definisi d atas smuanya sling terhubung dan menciptakan konsumen yang sangat menguntungkan buat perusahAan atau

    ReplyDelete
  10. terntata beda ya bro , baru tau. Thanks artikelnya

    ReplyDelete
  11. sebagai penimba ilmu IM penting ni informasinya,mksh dah bagi.2 pnglamn...

    by dedi mekanikmitsubishi

    ReplyDelete
  12. makasih infonya gan, sekarang jadi paham nih :D

    ReplyDelete
  13. wahhh kerennnn minnn krenn jadi tauu dan vaham nch :)
    nice artikel minn
    by sobat blogger

    ReplyDelete
  14. lengkap banget gan.sekarang saya jadi paham perbedaan-perbedaannya :D

    ReplyDelete
  15. akhirnya nemu juga prbedaan perbedaan pemasaran, publisitas, dan iklan.
    thank gan

    ReplyDelete
  16. Lengkap banget artikel agan, bahasanya juga bagus. Thanks gan

    ReplyDelete
  17. lengkapa bagus dan cocok buat ngumpul tugas besok ini yang di cari :D

    ReplyDelete
  18. lengkap sekali. Akhirnya saya paham perbedaan antara periklanan dan publisitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat gais

      Delete