Dampak Negatif Reality Show

Kehadiran reality show dianggap membawa angin segar bagi industry TV. Penonton mendapat pilihan tayangan yang baru. Mari kita simak reality show berikut ini : “uang kaget”, “tolong”, “bedah rumah”, “aku ingin menjadi”, dan “nikah gratis”. Banyak hal yang bisa terungkap, diantaranya aspek kejujuran dan kemauan menolong orang lain. Namun, kelompok tayangan ini menimbulkan efek kurang baik yang mungkin tidak pernah diperkirakan oleh pembuatnya dan stasiun TV yang menayangkannya. Dampak ini adalah semakin besarnyaharapan seseorang untuk menerima bantuan Cuma-Cuma dari orang lain. Beberapa kelompok masyarakat tersebut ialah yang berpenghasilan rendah, menganggap reality show reality show sebagai ajang “adu keberuntungan” tempat mereka tidak perlu banyak berusaha untuk menyelesaikan suatu masalah. Ini disebabkan sasaran reality show yang didominasi masyarakat ekonomi rendah. Misalnya orang yang masih banyak hutang merasa masih ada harapan untuk mendapatkan bantuan dari “uang kaget”, “jika aku menjadi” dll. Baca juga: Simbol dan kode itu sama apa nggak sih?
Reality show Katakan Putus yang menarik perhatian penonton di awal tahun 2016
Hal ini bisa kita lihat dari belum berhasilnya pemerintah dalam membujuk dan melarang masyarakat untuk tidak berjudi. Kupon togel masih beredar dilingkungan sekolah, masjid, pasar dan tempat umum lainnya. Salah satu contoh yang paling krusial adalah reality show “nikah gratis”. Bila suami istri tidak mampu membayar jasa penghulu (beserta instansi yang mengurus sebuah pernikahan) dan menyiapakan biaya untukresepsi sekadarnya. Kini merkea bisa berharap pada reality show “nikah gratis” yang akan membantu mereka menikah. Inilah letak masalahnya. Pernikahan bukan merupakan sebuah akhir kehidupan, justru merupakan awal dari sebuah kehidupan bahkan awal dari sebuah permasalahan baru dalam kehidupan manusia. “nikah gratis” tidak menyelami permasalahan kehidupan masyarakat. Masalah tidak dapat diselesaikan dengan menikah secara gratis. Setelah menikah, sebagian besar pasangan suami istri akan mempunyai anak, satu orang atau lebih. Bagaimana dengan biaya hidup sang anak kelak? Apakah biaya sekolah, biaya makan, biaya kesehatan akan juga ditanggung pihak lain sebagaimana biaya pernikahan? Bila tidak ada yang menanggung, bagaimana kelanjutan kehidupan sang anak? Baca juga: Radio swasta antara kemapanan dan kemunduran
Biaya pendidikan dan kesehatan anak jauh lebih mahal dan sulit dipenuhi dibandingkan biaya pernikahan sederhana yang kerap kita sebut “nikah gratis”.bagaimana mereka bisa memenuhi bila untuk biaya pernikahan yang sederhana saja masih memerlukan bantuan pihak lain? Terlihat bahwa “nikah sebetulnya merancang sebuah acara membutuhkan kepekaan social yang tinggi. Jika kita belum mempertimbangkan dampak lebih lanjut dari sebuah acara TV, sudah saatnya peraturan itu dibuat. Peraturan tersebut dapat melindungi masyarakat sebagai konsumen siaran TV, juga dari dampak negative yang tidak atau belum dipertimbangkan sebelumnya oleh para pembuat tayangan dari penyelenggaraan siaran TV.

Artikel Terkait:
 * Ilmu Komunikasi
 * Teori Ilmu Komunikasi
 * Mata Kuliah Ilmu Komunikasi
 * Teori Semiotika
 * Makalah Ilmu Komunikasi
 * Materi Ilmu Komunikasi
 * Makalah Kuliah Komunikasi
 * Event Organizer
 * Mata Kuliah Event Organizer
 * Teori Semantik
 * Metode Penelitian Komunikasi
 * Jurnalisme Kontemporer
 * Media Massa
 * Mata Kuliah Jurnalisme
 * Mata Kuliah Reportase
 * Ilmu Advertising
 * Dasar Jurnalisme 

Related Posts:

20 Responses to "Dampak Negatif Reality Show"

  1. wah nambah wawasan nih, manfaat gan

    ReplyDelete
  2. bener banget gan,ane juga ga suka nonton reality show...
    film yang tidak mendidik!

    ReplyDelete
  3. nah itu seharusnya yang diperhatikan oleh tv sekarng.......thakns infonya.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. info yang bermanfaat gan ternyata ada juga dampak negatif dari reality show

    ReplyDelete
  6. Bener bnget tuwh reality show memang berdampak negatif

    ReplyDelete
  7. reality show itu nyata apa nggak sih, setahu ane cuman skenario

    ReplyDelete
  8. Nyimak gan, bisa nambah ilmu nih

    ReplyDelete
  9. Oh ternyata reality show ada dampak negatifnya gan, nice gan, itu gambarnya katakan putus ya gan brukakak

    ReplyDelete
  10. Memang sangat banyak gan dampak negative dari reality show apa lagi kepada mental remaja Indonesia. Rusak karena itu smua

    ReplyDelete
  11. setuju bang (y) post ente bermanfaat

    ReplyDelete
  12. setuju bang (y) post ente bermanfaat

    ReplyDelete
  13. acara tv isinya pembodohan tv

    ReplyDelete
  14. Kalau menurut saya ga semua negatifnya ada beberapa persennya yang berdampak positif. Ya kalau dilihat dari kacamata negatif pasti hasilnya mencari kejelekannya.

    ReplyDelete